News Minggu, 19 Juni 2022 | 17:06

Kepala BNN: Saya Deklarasikan Bahwa Bali Bukan Cuma The Island of Gods!

Lihat Foto Kepala BNN: Saya Deklarasikan Bahwa Bali Bukan Cuma The Island of Gods! Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) RI Komjen Pol. Petrus Reinhard Golose. (Foto:ANTARA)

Jakarta - Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) RI Komjen Pol. Petrus Reinhard Golose memperingatkan para turis, khususnya wisatawan mancanegara (wisman) bahwa Bali bukan tempat aman (safe haven) untuk menyalahgunakan narkotika.

Hal itu ditegaskan Petrus Golose saat membuka Turnamen Tenis Meja Internasional "Smash on Drugs" di Universitas Udayana, Badung, Minggu, 19 Juni 2022.

Dia menyampaikan, pemerintah di seluruh daerah di Indonesia, khususnya Bali tidak menoleransi segala bentuk penyalahgunaan narkotika.

"Saya deklarasikan bahwa Bali bukan cuma the Island of Gods (Pulau Dewata), dan Island of Tolerance (tempat penuh toleransi), melainkan kami nyatakan Bali adalah Island of Zero Tolerance of Drug Abuse (pulau yang tidak menoleransi penyalahgunaan narkotika)," kata Petrus Golose, mengutip ANTARA, Minggu, 19 Juni 2022.

Menurutnya, peringatan itu perlu disampaikan karena Bali saat ini mulai kedatangan banyak wisatawan. Kunjungan itu menjadi momen yang rentan untuk peredaran narkotika.

"Saya ingatkan lagi, Bali tidak boleh setelah terbuka nanti, setelah sekarang dalam proses menerima turis, tidak boleh menjadi safe haven para penyalahguna narkotika ataupun drug traffickers (pengedar narkotika, red.)," ujarnya.

Dalam pembukaan turnamen yang merupakan rangkaian Peringatan Hari Antinarkotika Internasional (HANI) 2022, Golose menjelaskan peredaran narkotika terkait erat dengan kejahatan terorganisir (organized crime) dan organisasi kriminal lintas batas negara (transnational organized crime).

Dia berpesan kepada mereka yang terlibat dengan kejahatan terorganisir lintas batas itu. 

"Saya memperingatkan para pengedar narkotika bahwa tidak ada toleransi bagi mereka jika ingin memperluas bisnis (narkotika) di Bali," tuturnya.

Lebih lanjut, mantan Kapolda Bali ini menyampaikan selama Peringatan Hari Antinarkotika Internasional 2022, BNN bakal mengajak seluruh warga, termasuk warga negara asing untuk bersama-sama memberantas narkotika.

Puncak kampanye itu, Golose menyebut bakal digelar di Pantai Mertasari, Denpasar, pada Minggu, 26 Juni 2022 mendatang.

Di Pantai Mertasari, BNN bakal menggelar malam renungan sebagai wujud keprihatinan terhadap situasi peredaran narkotika di Indonesia dan dunia.

"Di Mertasari nanti saya mengundang para duta besar sehingga kami tunjukkan kepada dunia how serious (betapa serius) Indonesia (memberantas narkotika)," ucap Golose.[]

Berita Terkait

Berita terbaru lainnya